Ridwan Kamil Buka Sesi Curhat Warga di Gedung Sate-Pakuan

Gubernur Jabar Ridwan Kamil berencana membuat program khusus untuk mendengar aspirasi warga secara langsung. Program itu akan dimulai pada 2019 mendatang.

Pria yang akrab disapa Emil menjelaskan, program bertemu warga itu diberinama Temu Pimpinan untuk Aspirasi Jabar (Tepas Jabar). Sesi ‘curhat’ antara dirinya dengan warga itu akan digelar seminggu sekali.

“Jadi saya seminggu sekali akan mendengarkan curhat warga. Mereka boleh datang ke Gedung Sate atau ke Gedung Pakuan nanti difasilitasi Humas (Jabar),” katanya, di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (18/12/2018).

Menurutnya pertemuan warga dengan dirinya akan dibuat secara terarah. Contohnya saja, pada minggu pertama akan mendengarkan curhatan warga soal infrastruktur dan tema lain di sesi berikutnya.

Selain itu, dalam pertemuan itu juga pihaknya akan menghadirkan dinas terkait agar solusi pembangunan bisa segera diketahui.

“Saya panggil dinas sesuai dengan tema curhatannya. Ini untuk menunjukkan kedekatan antara pemimpin dengan warga secara fisik tidak hanya melalui digital,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, warga yang hadir akan diseleksi terlebihdulu sesuai dengan prosedur yang telah disiapkan. Bahkan, katanya, bukan tidak mungkin warga yang hadir akan diundi bila animonya tinggi.

“Warga dipilih sesuai prosedur yang harus disiapkan. Kalau banyak (peminatnya) nanti diundi karena enggak mungkin bisa terlalu banyak juga,” ucapnya.

Emil menambahkan, program ini sengaja digulirkan untuk lebih mendekatkan diri dengan warga. Dia juga ingin membuka akses secara luas Gedung Sate dan rumah dinasnya untuk warga.

“Kadang mereka (warga) ingin lihat Gedung Sate (atau) ke Pakuan. Karena saya kan tidak setiap minggu berada di kota yang saya mau dengan segala aktivitas. Sebenarnya cukup digital tapi ingin memenuhi (silaturahmi) secara fisik,” ujar Emil.

sumber: detik.com

Share this post