Atribut Caleg ‘Penghuni’ Pohon Dicopot Satpol PP Banjar

Atribut Caleg ‘Penghuni’ Pohon Dicopot Satpol PP Banjar

Aparat gabungan dari Satpol PP dan Bawaslu Kota Banjar mencopot atribut berupa Alat Peraga Kampanye (APK) calon legislatif (caleg) yang dipasang sembarang tempat. APK yang ditertibkan itu tidak dipasang di lokasi pemasangan berdasarkan SK Walikota dan SK KPU.

Petugas menyusuri Jalan Nasional atau Jalan Siliwangi hingga perbatasan Jabar-Jateng untuk menertibkan APK caleg peserta Pileg 2019 yang dipasang di trotoar. Sejumlah atribut caleg ‘penghuni’ pohon di pinggir jalan turut dicopot aparat.

Petugas juga menertibkan APK yang dipasang pada papan reklame berbayar. Sebab, pihak KPU Banjar tidak memfasilitasi untuk pemasangan APK di reklame berbayar. “Penertiban ini dilakukan selama dua hari di seluruh wilayah Banjar. Alat peraga ditertibkan yang tidak sesuai lokasi pemasangan berdasarkan SK Wali Kota dan SK KPU, seperti di pohon dan tiang listrik, trotoar dan ruang terbuka hijau,” ujar Ketua Bawaslu Kota Banjar Irfan Saeful Rohman di lokasi penertiban, Banjar, Jawa Barat, Kamis (31/1/2019).

Berdasarkan SK Wali Kota Banjar Nomor 237/204/2018 pemasangan APK harus di luar trotoar atau di dalam pagar depan rumah. Dalam penertiban ini, petugas gabungan dibagi menjadi tiga tim sesuai daerah pemilihan di Banjar. APK hasil penertiban tersebut nantinya didata dan dikumpulkan, setelah itu partai politik bisa mengambilnya. 

“Instruksi dari wali kota agar disimpan lalu diserahterimakan,” kata Irfan sambil mengimbau partai politik menyampaikan kepada para calegnya agar tertib dalam memasang APK sesuai aturan berlaku.

sumber

Share this post