Ade Uu Sukaesih resmikan wisata Mustika Taman Anggrek Purwaharja, Kota Banjar

Ade Uu Sukaesih resmikan wisata Mustika Taman Anggrek Purwaharja, Kota Banjar

Wali kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, meresmikan tempat wisata Mustika Taman Anggrek yang terletak di Lingkungan Katapang, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Selasa, 25 Desember 2018, tempat wisata Mustika Taman Anggrek ini memiliki luas 80 hektar dan berada di area perbukitan kawasan Perhutani.

Dalam peresmian tersebut selain dihadiri Wali Kota, Hj. Ade Uu Sukaesih dan Wakil Walikota, Nana Suryana, hadir pula Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang Kalyubi, Kapolres Banjar AKBP Matrius, Dandim 0613 Ciamis, Danyon 323 Raider Buaya Putih, dan para Kepala OPD lingkup Pemkot Banjar, serta tamu undangan lainnya.

Peresmian wana wisata ini ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih, Administrator KKPH Ciamis, Agus Mashudi dan penggagas Mustika Taman Anggrek dari CV Enam Bersaudara, Muhammad Dudung Abdul Rohman.

Wali kota Banjar mengatakan bahwa dirinya bangga dengan Kota Banjar. Pasalnya, selama 15 tahun berdiri, Kota Banjar semakin maju khususnya di bidang pariwisata. “Dengan adanya tempat wisata ini, Banjar kini semakin maju dalam kepariwisataan. Dan tempat wisata Mustika Taman Anggrek ini akan menjadi sebuah ikon Kota Banjar. Semoga ke depan semakin banyak investor-investor yang datang ke Kota Banjar,” ujarnya.

Hal yang sama dikatakan, Wakil Wali kota Banjar, Nana Suryana, beliau sangat mengapresiasi dengan diresmikannya tempat wisata Mustika Taman Anggrek ini. “Saya sangat mengapresiasi terhadap Perhutani dan CV. Enam Saudara yang sudah berinovasi membuat tempat yang dulunya bernama Wana Situ Mustika,” ujarnya.

Wakil Wali Kota menambahkan, wisata yang dulunya bernama Situ Mustika ini daya tariknya kurang sehingga sangat sedikit yang berkunjung. “Namun mulai hari ini saya mulai optimis, karena tempat ini kini berubah menjadi lebih cantik, sehingga dapat menjadi tujuan utama orang berwisata ke Kota Banjar,” ucapnya.

Beliau sangat yakin bahwa tempat wisata ini akan menjadi pemantik atau pemicu semangat munculnya tempat-tempat wisata baru di Kota Banjar. Selain itu, dirinya jga optimis bahwa tempat wisata ini tidak mudah ditiru, terutama di wahana taman anggreknya dan berharap CV Enam Saudara ini bukan hanya mengembangkan Mustika Taman Anggrek, tapi juga bisa lebih mengembangkan wilayah-wilayah lain untuk dijadikan tempat wisata di Kota Banjar. “Mari kita bersama-sama promosikan dan kembangkan tempat wisata Mustika Taman Anggrek ini, untuk dijadikan sebuah kebanggaan dan ikon wisata Kota Banjar,” pungkasnya.

Setelah diresmikan dan dibuka untuk umum, wisata Mustika Taman Anggrek langsung dipadati oleh pengunjung dari berbagai daerah. Wisata yang dulu lebih dikenal dengan nama Wana Wisata Situ Mustika, yang terletak di wilayah Lingkungan Katapang, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, kini terlihat elok nan cantik dengan berbagai aneka wahana.

Untuk tiket masuk pun tergolong sangat murah, yakni hanya sebesar Rp 5000/orang untuk hari Senin sampai Jum’at, dan Rp 7.500/orang untuk Sabtu dan Minggu atau hari libur. Dengan tiket murah inilah membuat tempat wisata ini dipadati pengunjung. “Tiket ini sengaja kami bikin murah, sehingga terjangkau bagi wisatawan dari berbagai kalangan,” ujar pengelola Mustika Taman Anggrek, Den Ato

Ato menambahkan, di lokasi ini pengunjung pun bisa berwisata edukasi, karena terdapat berbagai jenis taman anggrek terbesar di Jawa Barat. “Lokasi Mustika Taman Anggrek ini udaranya sangat sejuk, karena berada di kawasan perbukitan Perhutani. Sehingga dalam hal ini bisa membuat betah para pengunjung,” imbuhnya.

Jika dilihat dari lokasi yang berada di area perbukitan kawasan Perhutani atau berada di kaki Gunung Babakan, maka pengunjung bisa menikmati wana wisata yang menyuguhkan beragam ekosistem tumbuhan serta hewan-hewan. Sehingga, wisata ini dapat menjadi edukasi bagi para pengunjung khususnya anak-anak. “Bagi para pengunjung yang ingin habiskan liburan dengan keluarga, di sini juga tersedia wahana bermain untuk anak-anak dan wahana jet sky,” pungkasnya.

Sumber: banjarkota.go.id

Share this post